Visi dan Misi

Visi Madrasah Aliyah Darun Najah

            Visi dari Madrasah Aliyah Darun Najah, Ngemplak Kidul, Margoyoso, Pati. adalah: Unggul dalam pendidikan untuk mencetak kader ulama yang berperan aktif dalam sosial kemasyarakatan & keorganisasian serta berdaya saing & mandiri berlandaskan IMTAQ dan berwawasan IPTEK.

Indikator-Indikator Visi :

  • Terwujudnya lembaga pendidikan berkualitas sebagai wahana pembelajaran khususnya dasar-dasar ilmu agama secara efektif.
  • Peserta didik dan lulusan dapat berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.
  • Peserta didik dapat aktif dalam berorganisasi baik di dalam maupun di luar Madrasah.
  • Terwujudnya trend postif dalam prestasi akademik maupun non akademik secara periodik.
  • Menurunya angka pengangguran lulusan secara periodik.
  • Terwujudnya warga madrasah yang sholeh dan akrom.
  • Warga madrasah mengedepankan sikap ilmiah dan update dengan perkembangan sains &  teknologi

Misi Madrasah Aliyah Darun Najah

  • Menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang berpusat pada peserta didik sebagai wahana pembelajaran khususnya dasar-dasar ilmu agama secara efektif .
  • Mewujudkan organisasi intra sekolah yang progesif dan dinamis, dan dapat berinteraksi dengan dengan berbagai lapisan masyarakat.
  • Mewujudkan organisasi intra sekolah yang dapat bersinergi dengan satuan-satuan organisasi pelajar dari luar.
  • Menyelenggarakan pendidikan yang dapat meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik secara periodik.
  • Menurunkan angka pengagguran lulusan secara periodik melalui kegiatan live skill.
  • Menyelenggarakan pendidikan yang berlandaskan iman dan takwa.
  • Mengembangkan sikap kritis dan ilmiah yang sejalan dengan perkembangan sains & teknologi.

Tujuan    

Tujuan Jangka Pendek (2016–2017)

Tujuan Jangka Menengah (2015–2019)

Misi

Indikator Visi

Visi

50 % peserta didik menguasai kompetensi dasar BTA (Baca tulis Al Qur'an) dan Tata Bahasa Arab pada tahun 2017.

70 % atau lebih peserta didik menguasai kompetensi dasar BTA (Baca tulis Al Qur'an) dan Tata Bahasa Arab pada tahun 2019.

Menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang berpusat pada peserta didik sebagai wahana pembelajaran khususnya dasar-dasar ilmu agama secara efektif

Terwujudnya lembaga pendidikan berkualitas sebagai wahana pembelajaran khususnya dasar-dasar ilmu agama secara efektif

Unggul dalam pendidikan untuk mencetak kader ulama

50 % peserta didik berkompeten dalam ilmu dasar agama Islam (Nahwu, Fiqh, Hadits, Tafsir dll) ala pesanten pada tahun 2017.

70 % peserta didik berkompeten dalam ilmu dasar agama Islam (Fiqh, Hadits, Tafsir dll) ala pesanten pada tahun 2019.

30 % peserta didik berkompeten dalam membaca dan memahami sebagian kitab-kitab elementer pesantren pada tahun 2017.

45 % peserta didik berkompeten dalam membaca dan memahami sebagian kitab-kitab elementer pesantren pada tahun 2019.

Sarana dan prasarana ruang kantor Tata Usaha, ruang Guru, ruang perpustakaan, ruang BK, Lab.Komputer, dan Lab.IPA sudah terrealisasi pada tahun 2017.

Sarana dan prasarana ruang kantor Tata Usaha, ruang Guru, ruang perpustakaan, ruang BK, Lab.Komputer, Lab.IPA, Lab.bahasa dan ruang pramuka sudah terrealisasi pada tahun 2019.

75 % atau lebih kegiatan ekstrakulikuler keagamaan dan sosial kemasyarakatan dapat terealisasi sesuai dengan perencanaan pada tahun 2017.

90 % atau lebih kegiatan ekstrakulikuler keagamaan dan sosial kemasyarakatan dapat terealisasi sesuai dengan perencanaan pada tahun 2019.

Mewujudkan organisasi intra sekolah yang proge-sif dan dinamis, dan dapat berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat.

Peserta didik berperan aktif dalam kegiatan sosial kema- yarakatan

Sosial Kemasyara katan

75 % atau lebih kegiatan OSIS dapat terealisasi dengan baik sesuai perencanaan pada tahun 2017.

90 % atau lebih kegiatan OSIS dapat terealisasi dengan baik sesuai perencanaan pada tahun 2019.

Mewujudkan organisasi intra sekolah yang dapat bersinergi dengan satuan-satuan organisasi pelajar dari luar

Peserta didik dapat aktif dalam berorganisasi baik didalam maupun di luar Madrasah

Keorganisa sian

pada tahun 2017, 3% peserta didik dapat meraih prestasi kejuaraan di tingkat minimal kabupaten

pada tahun 2019, 5% atau lebih peserta didik dapat meraih prestasi kejuaraan di tingkat minimal kabupaten

Menyelenggar akan pendidikan yang dapat meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik secara periodik

Terwujudnya trend postif dalam prestasi akademik maupun non akademik secara periodik

berdaya saing

Minimal 5% lulusan dapat melanjutkan pendidikan di PTN, 15% di PTAIN dan selebihnya di PTS dan bekerja dengan berwirausaha dan lain sebagainya.

10% lulusan atau lebih dapat melanjutkan pendidikan di PTN, 20% atau lebih di PTAIN dan selebihnya di PTS dan bekerja dengan berwirausaha dan lain sebagainya.

50% lulusan yang tidak melanjutkan studi dapat bekerja, khusunya berwirausaha maupan di industri konveksi pada tahun 2017.

75% lulusan yang tidak melanjutkan studi dapat bekerja, khusunya berwirausaha maupan di industri pada tahun 2019.

menurunkan angka pengagguran lulusan secara periodik melalui kegiatan live skill

Menurunnya angka penganggura n lulusan secara periodik

Mandiri

60% peserta didik dapat memahami dan menghayati pentingnya ilmu dan amal dalam kehidupan sehari- hari pada tahun 2017.

90% peserta didik dapat memahami dan menghayati pentingnya ilmu dan amal dalam kehidupan sehari-hari pada tahun 2019.

Menyelenggar akan pendidikan yang berlandaskan iman dan takwa

.

Terwujudnya warga madrasah yang sholeh dan akrom

berlandask an IMTAQ

75 % warga madrasah membiasakan diri dengan amalan- amalan wajib dan sunnah pada tahun 2017.

90 % warga madrasah membiasakan diri dengan amalan- amalan wajib dan sunnah pada tahun 2019.

60 % warga madrasah membiasakan jalan musyawarah dan berpikir logis dalam bertindak sehari-hari

90 % warga madrasah membiasakan jalan musyawarah dan berpikir logis dalam bertindak sehari-hari

Mengembangkan sikap kritis dan ilmiah yang sejalan dengan perkembangan sains & teknologi

Mengedepankan sikap ilmiah dan update dengan perkembangan sains & teknologi

Berwawasan IPTEK